"Assalamualaikum...jangan lupa berdoa sebelum membaca yah!! semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua..amiinn.."

Selasa, 11 Oktober 2011

Pengertian Present, Future, Annual, Gradient, dan Interest Periode

1. Present Worth
Present Worth adalah nilai sejumlah uang pada saat sekarang yang merupakan ekivalensi dari sejumlah cash flow (aliran kas) tertentu pada pada periode tertentu dengan tingkat suku bunga (i) tertentu.
2. Future Worth
Future Worth atau nilai kelak adalah nilai sejumlah uang pada masa yang akan datang, yang merupakan konversi sejumlah aliran kas dengan tingkat suku bunga tertentu.
3. Annual Worth
Annual Worth atau nilai tahunan adalah sejumlah serial cash flow yang nilainya seragam setiap periodenya. Nilai tahunan diperoleh dengan mengkonversikan seluruh aliran kas ke dalam suatu nilai tahunan (anuitas) yang seragam.
4. Gradient
Gradient adalah pembayaran yang terjadi berkali-kali tiap tahun naik dengan kenaikan yang sama atau penurunan secara seragam.
5. Interest Periode
Periode Bunga (interest period) adalah interval waktu yang dijadikan dasar dalam perhitungan bunga. Biasanya dalam perhitungan bunga digunakan periode 1 tahun (annually), ½ tahun (semi annually), atau bulanan (monthly). Secara umum tingkat suku bunga dinyatakan dengan annual interest rate.

Berikut ini adalah tabel rumus Dari P,F,A,G,I

NoDicariDiberikanFaktorPersamaanFormula
1PF(P/F,i,n)P = F (P/F,i,n)P = F[1/(1+i)n]
2FP(F/P,i,n)F = P (F/P,i,n)F = P(1+i)n
3PA(P/A,i,n)P = A (P/A,i,n)P = A{[(1+i)n-1]/i(1+i)n}
4AP(A/P,i,n)A = P (A/P,i,n)A = P{i(1+i)n/[(1+i)n-1]}
5AF(A/F,i,n)A = F (A/F,i,n)A = F{i/[(1+i)n-1]}
6FA(F/A,i,n)F = A (F/A,i,n)F = A{[(1+i)n-1]/i}
DAFTAR PUSTAKA
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/10/time-value-of-money/
http://inuboa.wordpress.com/2011/09/26/tahap-pengambilan-keputusan-faktor-faktor-pada-ekonomi-teknik-dan-bunga/http://iambigsmart.wordpress.com/2011/10/10/pengertian-present-future-annual-gradient-interest-periode/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar